Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Kamis, 29 September 2016

Yuk, Amalkan Pancasila di Kehidupan Nyata!

Unknown






Pancasila sebagai kepribadian bangsa karena Pancasila lahir bersama dengan lahirnya bangsa Indonesia dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam sikap mental maupun tingkah lakunya sehingga dapat membedakan dengan bangsa lain. Pada 1 Oktober, Indonesia senantiasa memperingati Hari Pancasila Sakti. Istilah sakti sering diberi padanan tangguh, perkasa dan sebagainya, merupakan istilah-istilah yang bombastis Pancasila bagi bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Boleh jadi kita sebenarnya rindu akan Pancasila, terlebih ketika dihadapkan pada berbagai persoalan kebangsaan saat ini. Munculnya persoalan-persoalan seperti kekerasan, terorisme, korupsi, ketidakadilan hukum, kemiskinan, salah satu penyebabnya –menurut netizen– adalah karena jauhnya kita dari nilai-nilai Pancasila. Untuk menemukan bulir-bulir Pancasila yang diamalkan di kehidupan nyata bukan perkara mudah.

Pancasila itu final. Tetapi seperti apa nilai-nilai Pancasila itu dalam kehidupan nyata, sungguh sulit didapatkan. Kita muak dengan perilaku elit pemimpin kita. Mereka hanya sibuk berebut kekuasaan dan melupakan rakyat yang mayoritas masih hidup dalam keprihatinan. Kita semua paham betapa indahnya Pancasila, tetapi sulit menemukan keindahan itu secara praktis. Ada krisis keteladanan dalam pengamalan Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Untuk generasi muda, yuk jangan hanya menghapal pancasila secara lisan, tapi diamalkan di kehidupan nyata. Lestarikan dan budayakan pancasila layaknya pahlawan-pahlawan memperjuangkan dan menjaga budaya Indonesia agar senantiasa merdeka. Jangan terlalu membanggakan budaya global yang kini kian marak diperbincangkan. Jangan terlena akan kebebasan yang ditawarkan, hingga akhirnya kita lupa apada budaya dan kepribadian kita, yaitu Pancasila.

Berhenti mengutuk wakil rakyat yang tidak mampu mengemban tugasnya dengan benar dan apresiasi mereka yang memberikan usaha terbaik untuk rakyatnya, mulailah aplikasikan Pancasila dari diri kita sendiri. Semangat. Merdeka. Selamat hari Kesaktian Pancasila!

Unknown / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Shared By | Way Templates