Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Senin, 10 Agustus 2015

5 POIN PENTING UNTUK CALON PENULIS PROFESIONAL

Unknown

5 POIN PENTING UNTUK CALON PENULIS PROFESIONAL




Cara JadiPenulis | Mau jadi penulis profesional dan tentunya populer alias terkenal ?? Apa untuk menjadi penulis profesional cukup hanya dengan memiliki bakat nulis ?? Tentu gak cukup teman.. Kenapa ??  Hanya punya bakat nulis tapi kalau gak tahu bagaimana mengembangkannya, bagaimana membuat buku dan menjadikannya populer, apa mungkin bisa menjadi penulis profesional dan terkenal ?? Itu sungguh sulit sepertinya.

Nah mau tahu dong apa sih hal penting yang harus diketahui untuk kamu yang mau jadi penulis profesional dan tentunya terkenal.. Dengan dibantu sumber dari Hipwee.com, berikut ini ada 5 hal penting yang harus kamu ketahui kalau mau jadi penulis profesional dan terkenal.

1.Dunia Menulis bukan hanya Sekedar tentang Karya
Yap, bukan hanya sekedar tentang karya. Tapi, menulis juga merupakan bagian dari dunia bisnis. Kenapa ?? Karena sebelum menghasilkan sebuah karya kamu harus bisa menganalisa pasar, menetapkan target pembaca yang ingin kamu jangkau, sampai memastikan bahwa plot cerita yang kamu miliki menarik dan berbeda dari penulis lain.

Selain itu, JANGAN ABAIKAN PEMBACA. Kesetiaan mereka tentu sangat signifikan terhadap popularitas dirimu di dunia kepenulisan. Sempatkan berkomunikasi dengan mereka, baik melalui media sosial, blog, komunitas, dan lain-lain

2. Penulis Profesional tidak hanya Mengandalkan Mood dalam Menulis
Jangan pernah tertanam dalam pikiranmu bahwa menulis hanya tentang mood. Gak ada mood, maka gak menulis. Itu salah! Apapun bidangnya, setiap yang dikatakan profesional berarti orang yang bisa mengenyampingkan urusan pribadinya. Kalau kamu menulis masih bergantung dengan mood, bagaimana kamu bisa maju ???

3. Menjadi Penulis Profesional harus bisa Memotivasi Diri
Sering kali, hal terberat yang harus dihadapi oleh penulis dalam proses berkarya adalah menemukan motivasi untuk memulai. Setiap memandang halaman kosong dari aplikasi pengolah kata yang terbuka di komputer, rasanya ada ketakutan untuk mulai menulis. Takut salah, takut karyanya tidak diterima, sampai khawatir jangan-jangan tulisan yang sekarang tidak sesukses karya yang terbit sebelumnya.

Solusinya ?? MOTIVASI DIRI. Dorong dirimu dan yakinkan diri bahwa AKU PASTI BISA.

Ah, ada orang lain ini yang memberikan semangat.. Hey ingatlah, semangat dari orang lain tak akan banyak membantu jika dirimu memang tidak menemukan dorongan berkarya dari dalam diri sendiri.

Seorang penulis yang bisa menjadikan kegiatan menulisnya sebagai pekerjaan adalah dia yang selalu bisa menemukan alasan untuk bangun dan kembali berkarya setiap hari. Calon penulis profesional adalah dia yang mampu mengalahkan kemalasan dan ketakutan yang berkecamuk di dalam diri, untuk kemudian duduk diam di depan laptop dan menuliskan hal-hal yang ia yakini.

4. Tetaplah Menulis
Setiap penulis pasti pernah mengalami writer’s block, yaitu sebuah kondisi dimana penulis kehilangan semangat dan ide untuk melanjutkan tulisannya. Saat menghadapi hambatan macam inilah keuletan seorang penulis diuji. Jika kamu memang berminat untuk jadi penulis yang profesional, writer’s block harus bisa kamu kalahkan. Caranya?

Tetaplah menulis! Perlakukan menulis sebagai sebuah pekerjaan kantoran yang wajib kamu lakukan selama 8 jam tiap harinya. Tak ada alasan untuk membolos hanya karena kamu sedang merasa tidak suka dengan pekerjaanmu.

Menulislah terus, tak peduli seberapa buruk hasilnya nanti. Bagi seorang penulis profesional, menuliskan sesuatu yang buruk masih bisa diperbaiki lewat proses editing di kemudian hari. Tapi, menyerah pada keengganan diri adalah sebuah bentuk kekalahan.

5. Penulis tidak bisa Menghasilkan Uang ?? SALAH!
Setiap penulis sukses selalu menetapkan target pembaca yang jelas, menulis dengan bahasa yang disukai pembaca, mereka juga tak menutup diri pada kesempatan menulis yang tak hanya sekedar mencetak karya di atas kertas.

Dewi Lestari juga menulis skenario untuk bukunya yang diadaptasi menjadi film, Bernard Batubara bekerja sebagai editor untuk sebuah penerbit yang banyak menerbitkan buku anak muda, Raditya Dika tak enggan menjai host di beberapa acara televisi dan rajin mengisi pelatihan penulisan kreatif di berbagai kota.

Jadi sebenarnya, pekerjaan sebagai penulis itu membuka banyak pintu kesempatan — yang tentunya dapat menghasilkan uang. Asal kamu terus mengembangkan jaringan dan jeli melihat kesempatan, hidup hanya dari menulis sangat mungkin untuk dilakukan.

Kalau kamu mau hobi menulismu bisa mendatangkan uang, ya ke Guepedia.com aja – Cara Baru Terbitkan Naskah Tanpa Modal..! Kenapa ?? Karena di Guepedia, naskahmu akan dipromosikan ke berbagai media promosi online, dijual ke Google PlayStore, dan dijual versi cetaknya dengan sistem POD. Dapat income ?? Jelas! Penulis tentu akan dapat income dari setiap penjualan buku maupun ebooknya. Ada charge promosi ?? Gak ada, full GRATIS..





Follow us :

Fanpage : Guepedia
Twitter : @guepedia
Instagram : Guepedia
Path : Guepedia

5 POIN PENTING UNTUK CALON PENULIS PROFESIONAL

Unknown / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Shared By | Way Templates