Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Selasa, 04 Oktober 2016

Selamat Hari Guru Sedunia

Unknown
 

“Engkau bagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa, pembangun insan cendikia”

Pagi ini, ada baiknya kita menyanyikan lagu hymne guru untuk mengapresiasi guru-guru di seluruh dunia khususnya di Indonesia. 

Ya, seperti penggalan lirik lagu di atas, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, yang jasanya sangat melekat pada diri kita hingga saat ini. Lirik lagu semula diubah pada tahun 2007 disaksikan oleh Dirjen PMPTK Depdiknas dan ketua pengurus besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), karena kalimat “tanpa tanda jasa” dinilai terlalu mengesampingkan pentingnya profesi guru. Hal itu juga diperkuat dengan surat edaran Persatuan Guru Republik Indonesia Nomor 447/Um/PB/XIX/2007 tanggal 27 November 2007.
Tak bisa dipungkiri, tanpa sosok guru, kita tidak akan menjadi pribadi kita seperti saat ini. Kesuksesan, cara berpikir, dan sikap kita boleh jadi mengalir dari apa yang guru ajarkan, karena guru adalah untuk digugu dan ditiru. Sayangnya di Indonesia, meskipun lirik lagu sudah diubah, kesejahteraan guru masih sekedar janji manis belaka. 

Di negara Swiss, Gaji seorang Guru rata-rata 15.000 Franc Swiss per Bulan, itu sekitar 140 jt Rupiah! padahal UMR disana sekitar 3.000 Franc Swiss, dan rata-rata gaji Anggota DPR di sana sekitar 10.000 Franc Swiss. Bisa dikatakan pemerintahan di sana sangat menghargai pendidikan. Untuk biaya S1 disana, perbulan sekitar Rp 900.000 (kalau dirupiahkan). Untuk S2 malah turun, sekitar Rp. 500.000 (kalau dirupiahkan)dan S3 cuma Rp650.000! Silahkan bandingkan sendiri dengan biaya kuliah di Indonesia.

Jadi nggak heran Swiss adalah negara penghasil Ilmuwan terbesar dunia, salah satunya Albert Einstein. Tak mau kalah, Indonesia juga telah berhasil menelurkan ilmuan-ilmuan yang mengharumkan nama Indonesia, di antaranya B.J Habibi, Ir. Tjokorda R Sukawati, Danny Hilman, dll. Semua itu tidak terlepas dari peran guru-guru yang luar biasa.

Selamat hari guru. Terima kasih sudah mendidik generasi muda khususnya di Indonesia. Semoga kedepannya generasi muda Indonesia memberikan prestasi yang lebih banyak lagi.

Unknown / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Shared By | Way Templates