Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Rabu, 05 Agustus 2015

CARA MENERBITKAN BUKU SENDIRI GRATIS | SELF PUBLISHING – GUEPEDIA.COM

Unknown


CARA MENERBITKAN BUKU SENDIRI GRATIS | SELF PUBLISHING – GUEPEDIA.COM





Cara Menerbitkan Buku Sendiri Gratis | Kalian punya ide-ide bagus yang bisa dituangkan dalam sebuah naskah buku ? Punya bakat nulis tapi belum tahu lebih dalam tentang dunia penulisan ? Mau tanya tapi gak tahu harus kemana ?? Yuk simak artikel kita yang satu ini. Ada beberapa info dasar tapi penting yang perlu kamu ketahui seputar penulisan buku yang baik dan benar.

1.    1. Apa itu ISBN ?
Adakah di antara kamu yang belum tahu apa sih itu ISBN ?

ISBN (International Standard Book Number) adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. Informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit tercakup dalam ISBN. ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit, sebagai pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit. Oleh karena itu satu nomor ISBN untuk satu buku akan berbeda dengan nomor ISBN untuk buku yang lain.
ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yan berkedudukan di London. Di Indonesia, Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia.

Perpustakaan Nasional RI mempunyai fungsi memberikan informasi, bimbingan dan penerapan pencantuman ISBN serta KDT (Katalog Dalam Terbitan). KDT merupakan deskripsi bibliografis yang dihasilkan dari pengolahan data yang diberikan penerbit untuk dicantumkan di halaman balik judul sebagai kelengkapan penerbit.

Fungsinya apa sih ??

* Memberikan identitas terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit
* Membantu memperlancar arus distribusi buku karena dapat mencegah terjadinya kekeliruan dalam pemesanan buku
* Sarana promosi bagi penerbit karena informasi pencantuman ISBN disebarkan oleh Badan Nasional ISBN Indonesia di Jakarta, maupun Badan Internasional yang berkedudukan di London

Ribet gak sih prosedurnya agar buku yang kamu terbitkan tercantum ISBN ?? Gak ribet kalau kamu terbitin di Guepedia, karena ISBN akan dibantu sepenuhnya oleh Guepedia. Kamu tinggal duduk santai :D

2. 2. Bagaimana desain cover yang baik dan sesuai syarat
Sebenarnya gak ribet ko guys. Intinya adalah :

- gambar yang kamu sisipkan di cover tidak melanggar copyright. Apa itu copyright ? Silakan cari di Google

- gambar yang kamu sisipkan mewakili isi naskah.
 Dalam hal ini banyak nih yang suka salah. Contohnya, cerita tentang percintaan 2 insan yang dia buat dari imajinasinya sendiri, tapi covernya memakai foto pasangan artis terkenal. Padahal isi naskah dia tidak menceritakan artis tersebut. Kan itu artinya cover sudah keluar dari isi naskah. Hati-hati ya guys..

- cover dibuat secara full alias depan dan belakang. Umumnya kenapa banyak penulis terkendala saat ingin menerbitkan buku, karena ternyata dia hanya membuat cover depannya saja, lalu belakangnya bagaimana guys ?? Mau polos aja ? :)

Nah untuk syarat mutlaknya sebenarnya hanya itu aja guys. Untuk sekedar saran aja nih, kalau kamu masih bingung dan belum dapat ide membuat cover, kamu bisa cek cover buku-buku terkenal yang bisa jadi referensi kamu dalam membuat cover.

Masih mau tahu lebih lengkap tentang penulisan buku ?? Masih banyak yang kurang jelas ?


 
GRATIS KONSULTASI seputar dunia penulisan! Tanyakan hal-hal yang menjadi kendalamu dalam menulis dan menerbitkan buku...

Caranya ?? Gampang!
Kirim pertanyaan mu melalui email ke info@guepedia.com.

Respon jawaban : Senin - Jumat (09.00 - 15.00). Pertanyaan yang diajukan di luar jam tersebut, akan kami respon pada hari kerja besoknya yaa :)

Periode promo : Selama Agustus 2015
Pakai daftar dulu gak ?? Gak. Langsung aja kirim pertanyaanmu. Simple kan ?? :D

CARA MENERBITKAN BUKU SENDIRI GRATIS | SELF PUBLISHING – GUEPEDIA.COM

Unknown / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Shared By | Way Templates